9 Cara Mengelola Keuangan Di Tengah Pandemi Covid

keuangan bisnis

Sesuaikan rencana pengeluaran dengan target-target penjualan dan penerimaan kas sebaik mungkin. Anda dapat menunda rencana-rencana belanja modal jika tidak memberikan manfaat dalam meningkatkan penjualan atau menurunkan biaya-biaya. Salah satu contoh software pencatatan dan manajemen keuangan usaha kecilGunakan karyawan atau pihak ke-3 untuk membantu melakukan pencatatan keuangan usaha kecil anda. Atau jikapun itu belum memungkinkan, gunakanlah software untuk mengelola keuangan anda. Di pasaran banyak sekali software manajemen keuangan sederhana untuk usaha kecil dijual. Ini lebih menghemat waktu dan pekerjaan anda dari pada menggaji seorang akuntan. Atau jika tidak bisa juga, lakukan pencatatan sederhana di buku yang terpisah atau anda bisa menggunakan excell.

Menggunakan cara manual itu artinya Anda hanya melakukan input data dan juga menghitungnya secara manual, termasuk untuk membuat laporan keuangan. Sedangkan dengan software akuntansi, Anda hanya perlu menginput data dan dengan fitur-fitur yang dimiliki software tersebut, Anda tidak perlu menghitungnya secara manual. Untuk lebih jelasnya mengenai software akuntansi ini, Anda bisa membacanya di bawah ini. Di sisi lain, Sleekr Accounting merupakan software akuntansi online yang membantu pemilik bisnis memiliki informasi real-time untuk posisi keuangan perusahaannya. Sleekr Accounting memberikan kemudahan bagi staf akuntansi untuk melakukan pencatatan transaksi secara akurat dan mudah. Sleekr sebagai software akuntansi Indonesia, membantu perusahaan untuk melakukan pembukuan sederhana hingga penghitungan pajak, perusahaan besar maupun UKM.

Membuat catatan lengkap mengenai keuangan, baik itu cash flow, catatan omset harian, mingguan, dan bulanan, serta catatan pembelian usaha merupakan hal penting yang perlu dilakukan. Tidak peduli seberapa kecil usaha yang sedang Anda jalankan, persiapkanlah pencatatannya dengan baik, agar jika suatu hari nanti usaha itu menjadi besar, Anda tidak akan kerepotan. Selain untuk alasan tersebut, sebenarnya pencatatan keuangan sangat diperlukan untuk mengukur kinerja dan target, apakah sudah tercapai atau belum. Banyak usaha kecil yang bangkrut padahal sebenarnya dapat berpotensi menjadi besar, hanya karena masalah manajemen keuangan bisnis yang kurang efektif.

Sleekr sebagai software akuntansi ukm, menjadi solusi bagi Anda yang sedang mencari aplikasi akuntansi bagi usaha Anda. Pembukuan, transaksi jual-beli, analisis hutang-piutang, penghitungan rasio serta pembuatan laporan keuangan dapat dilakukan secara otomatis dan mudah melalui Sleekr Accounting. Anda dapat menggunakan karyawan atau pihak ketiga untuk membantu melakukan pencatatan keuangan usaha kecil Anda. Berinvestasilah pada SDM, atau jika belum memungkinkan, Anda dapat menggunakan bantuan software khusus untuk mengelola keuangan bisnis Anda. Sudah ada banyak sekali software manajemen keuangan sederhana untuk usaha kecil yang dijual di pasaran.

Dengan menggunakan software tersebut, Anda dapat menghemat waktu dan pekerjaan Anda. Masih banyak pelaku usaha kecil-menengah yang mencampuradukkan antara uang hasil bisnis dengan uang pribadi. Hal ini membuat samar antara pengeluaran bisnis dan pengeluaran pribadi. Akibatnya usaha tidak berkembang, bahkan bangkrut karena kehabisan uang untuk modal.

keuangan bisnis

Soal mengatur keuangan usaha memang seringkali menjadi masalah yang sangat rumit bagi pengusaha pemula dan pemilik UKM. Mengelola keuangan bisnis secara efektif merupakan sebuah metode untuk menjaga laju atau aliran dana perusahaan agar tidak terjadi kebocoran yang berujung kerugian finansial. Bagi Anda yang ingin mengetahui dan memahami bagaimana mengelola keuangan bisnis, simak beberapa tips manajemen keuangan berikut ini. Laporan keuangan usaha tidak hanya krusial bagi usaha-usaha besar, namun juga sama krusialnya untuk Anda yang kini merintis usaha kecil. Melalui pembukuan keuangan usaha, Anda akan mampu mengontrol berbagai transaksi yang terjadi dalam usaha Anda, seperti pemasukan, pengeluaran, serta utang piutang. Laporan keuangan usaha juga akan mempermudah Anda dalam melakukan evaluasi terhadap perkembangan usaha secara berkala.

Dalam memulai bisnis sendiri tentu banyak tantangan yang dihadapi selain persaingan yang semakin ketat mungkin dalam hal mengelola keuangan pun menjadi tantangan juga. Nah untuk menghindari hal seperti ini sudah tentu Anda harus pintar-pintar mengatur keuangan Anda dan juga lebih bijak dalam pengeluarannya. Pengelolaan keuangan usaha sangat berbeda cara pengaturannya dengan mengelola keuangan pribadi. Dalam hal ini, dibutuhkan keahlian khusus untuk manajemen keuangan sehingga tidak jarang pemilik bisnis memilih untuk merekrut orang berpengalaman untuk membantu mengontrol dana usahanya. Meskipun terlihat sederhana, seorang pengusaha kecil serta menengah pun perlu menerapkan prinsip manajemen dalam mengelola keuangan usaha tersebut. Sebagai seorang pebisnis, Anda harus merencanakan penggunaan uang sebaik mungkin, apalagi saat Anda memiliki modal lebih banyak dari yang telah diperhitungkan. Sebaiknya Anda tidak menghamburkan uang meskipun saldo kas bisnis Anda dalam posisi mempunyai dana yang lebih dari cukup.

Dalam manajemen keuangan bisnis UKM, biasanya laporan keuangan yang harus disusun terdiri dari laporan neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Dengan pengelolaan keuangan bisnis yang baik, Anda akan lebih mudah untuk mengembangkan bisnis. Mengelola keuangan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti membuat catatan untuk setiap transaksi bisnis. Anda dapat melakukan dengan dua cara yaitu manual yaitu dengan mencatat secara langsung di buku atau di Microsoft Excel dan cara lebih mudah dengan menggunakan software akuntansi.